Tim SAR berhasil selamatkan Satu Keluarga yang Terjebak di Luapan Sungai Jalur Sergai

Serdang Bedagai , — IvoryNews.co.id
Personel Search and Rescue (SAR) Medan berhasil menyelamatkan 11 orang yang merupakan satu keluarga yang terjebak di Sungai Jalur, Desa Perbahingan, Kecamatan Kotarih, Serdangbedagai, Senin (11/1/2021) malam. Ke-11 orang tersebut di evakuasi dari batu besar di tengah sungai.
Dari data yang dihimpun, korban yang terjebak arus Sungai Jalur terdiri atas tujuh orang dewasa dan empat orang anak-anak. Identitas tujuh orang dewasa yakni Faridah (73), Nur Laili (57), Diana (38), Menasari (30), Dek Lang (37), Heri (37), dan Agus (40). Sedangkan empat orang anak-anak yakni Albar (5), Abizar (3), Bilqis (9) dan Zahra (6).
Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono mengatakan pihaknya sebelumnya mendapatkan laporan warga terkait 11 orang yang terjebak di bebatuan Sungai Jalur. Sebelumnya mereka mandi-mandi di Sungai Jalur saat debit air masih dalam keadaan normal.
“Namun tiba-tiba debit air meluap dan semakin terjebak hingga mereka memilih menyelamatkan diri ke sebuah batu besar yang ada di tengah Sungai Jalur,” kata Toto, Selasa (12/1/2021).
Arus air yang semakin besar dan tinggi membuat mereka tidak berani menyeberang hingga malam hari. Khawatir ketinggian air semakin tinggi, warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke petugas SAR Medan.
“Mendapatkan informasi, kami kemudian mengerahkan sejumlah personel dan dua perahu untuk terjun ke lokasi mengevakuasi korban,” ujarnya.
Setiba di lokasi, petugas kemudian mengevakuasi seluruh korban dengan menggunakan perahu. Proses evakuasi berlangsung dramatis karena petugas harus berhati-hati agar tidak terseret arus sungai.
“Proses evakuasi mengunakan tali rafting dengan sistem tali temali menuju tepi sungai. Sekitar pukul 03.05 WIB dini hari seluruh korban berhasil kami evakuasi dengan selamat,” kata Toto…(IN)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah