Sungai Padang Meluap akibatkan Kota Tebing Tinggi terendam Banjir, Lebih 12.000 Jiwa Terdampak

Tebing Tinggi , — IvoryNewsco.id
Curah hujan yang tinggi di hulu Sungai Padang yaitu di Kabupaten Simalungun selama 2 minggu terakhir ini mengakibatkan meluapnya air Sungai Padang di Kota Tebing Tinggi dan merendam lebih tiga ribuan rumah penduduk.
Akibat banjir yang merendam kota ini ,3.122 Kepala Keluarga atau 12.488.jiwa yang terdampak terpaksa mengungsi meninggalkan rumah tempat kediaman mereka mencari tempat yang aman.
Pemukiman penduduk bahkan sampai dengan jalan protokol di pusat kota Tebing Tinggi  seperti Jalan Sudirman turut terendam banjir dengan ketinggalan mulai  30 sentimeter  bahkan sampai 1 meter. Salah satu akibatnya terjadi kemacetan yang berkepanjangan.
Dari pantauan awak media Ivory News , selain perumahan penduduk ada juga beberapa sekolah dan rumah ibadah yang turut terendam banjir, diantaranya yang cukup parah adalah Geréja Pentakosta di Kelurahan Bandar Utama.
Menurut penjaga Geréja Pentakosta Bapa Jessika Hia kepada awak media Ivory News, mulai pukul 03.00  debit air sudah mulai naik secara signifikan dan mencapai puncaknya pada pukul 06.00.
Banjir kali ini terdampak kepada 4 Kecamatan meliputi 13 Kelurahan yaitu Kecamatan Tebing Tinggi Kota 3 Kelurahan yaitu Bandar Utama, Tebing Tinggi Lama, Badak Bejuang. Sedangkan Kecamatan Bajenis ada 5 Kelurahan yaitu Bulian, Bandar Sakti, Teluk Karang, Pinang Mancung dan Berohol.
Kecamatan Padang Hilir ada 3 Kelurahan yaitu Satria, Tambangan Hilir dan Tambangan Hulu.Dan yang terakhir adalah Kecamatan Rambutan yaitu Tanjung Marulak Hilir dan Sri Padang.
Menurut Drs.Wahid Sitorus Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Tebing Tinggi yang dikonfirmasi awak media Ivory News, mengatakan ” Masih mencermati dan mengamati  besarnya skala banjir ini maka Pemerintah Kota Tebing Tinggi belum menerapkan Tanggap Darurat Bencana Banjir . Walau demikian BPBD telah mengirimkan bantuan berupa beras dan mie instan untuk para pengungsi yang membutuhkan dan meminta melalui Kepala Kelurahan “.
Sementara itu para korban banjir ini mengatakan bahwa akan lebih membantu kepada mereka bila yang disalurkan itu adalah makanan yang  dapat langsung dimakan seperti nasi bungkus, mengingat kondisi mereka saat ini yang tidak memungkinkan.untuk memasak. Hal ini disampaikan oleh seorang Bapak warga Lingkungan I Kelurahan Tambangan Hilir, yang bernama Abdul Rahman, 60 Tahun, kepada awak Ivory News Jumat, 27/11/.2020. ( TR.).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah