Kebakaran Hutan AS menyebabkan Asap Tersebar Hingga Ribuan Kilometer

Amerika Serikat , — IvoryNews.co.id
Asap dari puluhan kebakaran hutan di bagian barat Amerika Serikat telah menyebar ke berbagai wilayah bahkan sampai ke Meksiko, Kanada, dan Eropa.
Sementara asap berbahaya itu memaksa warga di sepanjang Pantai Barat untuk tetap berada di dalam rumah, penduduk yang berada ribuan kilometer di bagian timur menyaksikan langit berkabut yang tidak biasa dan matahari terbenam yang luar biasa.
Kebakaran hutan yang merambat cepat melintasi lanskap yang sangat kering di negara bagian California, Idaho, Oregon, dan Washington benar-benar luar biasa, tetapi jangkauan kabut asap itu belum pernah terjadi sebelumnya. Meski hanya sebagian kecil wilayah di tenggara Amerika yang bebas dari kabut asap, sejumlah ahli memaparkan asap tidak terlalu menimbulkan masalah kesehatan bagi mereka yang jauh.
Di wilayah pantai seberang, kualitas udara merupakan kondisi terburuk yang pernah tercatat. Asap menyelimuti Jembatan Golden Gate dan mengakibatkan Kota Portland dan Seattle diselimuti kabut abu ketika para petugas berupaya keras mencegah agar api tidak melahap rumah lebih banyak lagi termasuk lahan hutan yang lebih luas.
Sejumlah pakar mengatakan, Rabu (16/9), citra satelit menunjukkan asap dari kebakaran hutan itu menempuh perjalanan hampir 8.000 kilometer menjangkau Inggris dan bagian utara Eropa lainnya.
Sistem cuaca saat ini, dimana angin barat melintasi lapisan atmosfer yang lebih tinggi, menjadi penyebab daya jangkau kabut asap tersebut, para ahli menjelaskan lebih lanjut.
Meskipun dampak kesehatan berkurang pada wilayah yang lebih jauh dan lapisan atmosfer yang dicapai lebih tinggi saat asap bergerak, beberapa pakar menyatakan kabut asap dari kebakaran hutan itu dapat memperburuk masalah kesehatan yang ada seperti asma dan menambah polusi pada lapisan ozon. (Voa)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Mobil BekasSeva Mobil Bekas
Memilih Mobil BekasMemilih Mobil Bekas
Tips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil BekasTips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil Bekas