DUA PERUSAHAAN REKANAN DI PPB PT. WIKA BETON SUMUT TERKESAN KEBAL HUKUM

Deli Serdang , — IvoryNews.co.id
Tim Pengacara Departement Advokasi Reclasseering Indonesia Komwil Sumut melalui Pengacara Andika Atmaja SH, CPCLE meminta kepada UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Propinsi Sumatera Utara di Lubuk Pakam Deli Serdang;  agar lebih serius dalam menindak lanjuti penyelesaian permasalahan yang terjadi antara para Pekerja/Buruh yang di PHK sepihak oleh manajement perusahaan yang telah mem PHK mereka.
Hal ini seperti disampaikan oleh Andika Atmaja SH, CPCLE bahwa berdasarkan adanya surat yang dikirimkan oleh Direktur Bina Penegakan Hukum Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomor : 51/4/AS.03.02//III/2020 dan telah diterima pertanggal 10 Maret 2020 lalu oleh pihak UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Propinsi Sumut , seharusnya sudah ada tindakan kelanjutan yang dilakukan oleh pihak UPT karena surat dari Direktur Bina Penegakan Hukum Ketenagakerjaan RI tersebut terkait perihal tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap Undang-undang Ketenagakerjaan Republik Indonesia Pasal 28 Jo Pasal 43 Undang-undang No. 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/ Serikat Buruh atau adanya dugaan unsur melakukan Union Busting ( Pemberangusan Serikat Pekerja/Serikat Buruh-red) di perusahaan.
Namun yang disayangkan, hingga saat ini sudah berjalan kurang lebih 3 bulan, surat tersebut belum juga didisposisikan oleh Kepala UPT terkait. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan bagi kami (Tim Pengacara Departement Advokasi Reclasseering Komwil Sumut-red) selaku Penerima Kuasa dari pihak Pelapor yang merupakan korban PHK sepihak tersebut.
Terkesan PT. ARDY JAYA CEMERLANG dan PT. RIZKY ABADI MAQBUL adalah dua perusahaan yang kebal hukum karena menjadi rekanan di salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara-red) PPB PT. WIKA BETON Jl. Medan-Binjai Km. 15,5.
Dan hal ini dibuktikan melalui surat dari Lurah Kelurahan Sumber Mulyo Rejo Kecamatan Binjai Timur – Kota Binjai nomor : 180-1308 yang mengatakan bahwa mengenai alamat kedudukan kantor salah satu Perusahaan rekanan PPB PT. WIKA BETON tersebut adalah tidak benar adanya karena tidak ada.
Bahkan masih banyak lagi kejanggalan-kejanggalan yang kami temukan berdasarkan penelusuran investigasi tim kami di lapangan. Maka dari itu kami ( Tim Pengacara Departement Advokasi Reclasseering Indonesia Komwil Sumut-red) berharap untuk dapat segera adanya penyelesaian terhadap perkara ini, serta meminta ketegasan Kepala UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Propinsi Sumatera Utara agar kiranya dapat segera mengeluarkan Surat Perintah Sidik kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia sesuai kewenangannya. Demikian penyampaian Andika Atmaja SH, CPCLE saat ditemui oleh awak media ini.
Sementara itu, Suhari selaku Ketua Komwil Sumut Reclasseering Indonesia saat ditemui dikantornya Jl. Utama no. 14 Dusun VII Desa Tandem Hilir I Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang mengatakan bahwa ” Ia (suhari-red) bersama seluruh jajarannya akan tetap eksis dan selalu proaktif dalam menyikapi segala bentuk pengaduan masyarakat serta melakukan sosial kontrol yang mengacu kepada AD/RT lembaga maupun mekanisme undang-undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini “. ujarnya…(TS- Aldi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Mobil BekasSeva Mobil Bekas
Memilih Mobil BekasMemilih Mobil Bekas
Tips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil BekasTips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil Bekas