Manchester United mengikuti langkah Liverpool dalam pembentukan departemen Analitik

Inggris , — IvoryNews.co.id
Klub Sepak bola Manchester United dikabarkan akan mengikuti langkah Liverpool yaitu membentuk departemen analitik. Adalah departemen tersebut diyakini sebagai kunci sukses Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu dan memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris musim ini dengan keunggulan 25 poin.
Menurut Independent edisi Sabtu, 18 April 2020, cerita sukses Liverpool itu dibangun pada musim semi 2017, ketika mereka tertarik untuk merekrut Mohamed Salah dari AS Roma.
Luke Bornn yang waktu itu kepala tim analitik AS Roma, tak terkejut dengan semakin berminatnya Liverpool untuk mendapatkan Salah. Bornn mencatat efisiensi Salah dalam menciptakan peluang dan mencetak gol luar biasa, tapi belum dikembangkan secara maksimal. 
Liverpool sebenarnya sudah hampir mendapatkan pemain Mesir itu dari Basel pada Januari 2014, sebelum datang telepon dari Jose Mourinho untuk membujuknya bergabung dengan Chelsea. Tapi, dalam debutnya di Liga Primer Inggris itu, Salah gagal tampil memuaskan di Stamford Bridge. Ia kemudian ditransfer ke AS Roma. 
Di klub papan atas Seri A Liga Italia itu, seperti yang dituturkan Luke Bornn kepada koresponden senior sepak bola Independent, Melissa Reddy, potensi Mohamed Salah diasah lagi.
Ada evaluasi ketika bermain di Chelsea, kecepatan, kekuatan, pergerakan, dan keputusan untuk mengeksekusi peluang di arena ketiga atau lini ketiga kurang dimaksimalkan sebagai senjata andalan Salah.
Ian Graham, direktur riset Liverpool yang memiliki gelar doktor dalam teori fisik, menganalisa secara mendalam data kecepatan Mohamed Salah dari Basel, Fiorentina, dan Roma, sampai pada kesimpulan, yaitu Salah bisa menjadi trio penyerang yang dahsyat di Liverpool bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino.
Sebelumnya, Liverpool mengincar pemain lain, yaitu Julian Brandt, tapi pemain ini masih menjalani program pengembangan di Jerman.  
Graham, tim pemandu atau pemantau pemain, dan Michael Edwards, direktur olahraga Liverpool, kemudian meyakinkan manajer Jurgen Klopp bahwa Mohamed Salah adalah pilihan yang tepat untuk pemain penyerang sayap atau pemain lini depan yang cenderung bergerak melebar.  
Presiden Fenway Sports Group, Mike Gordon, kemudian menyediakan 43,9 juta pound sterling atau sekitar Rp 846,16 miliar untuk memboyong Mohamed Saleh ke Liverpool.
Harga tersebut ternyata murah dibandingkan kontribusi Mohamed Salah mencetak 91 gol dala 144 penampilan Livepool dan menjadi salah figur penting restorasi the Reds ini sebagai klub raksasa di Eropa dan Inggris.
Born kemudian tersenyum cerah lagi pada masa panas lalu, ketika Liverpool kembali AS Roma untuk mengambil kiper Alisson dengan harga 65 juta pound. Ini menjadikannya kiper termahal kedua di dunia.
Seperti Mohamed Salah, harga Alisson kemudian menjadi lebih murah dibandingkan kinerjanya di lapangan dan pengaruh psikologisnya secara positif buat Liverpool.
Dalam memanfaatkan analitik dalam pasar transfer, ada jarak Liverpool di depan dengan para kompetitor mereka yang jauh di belakang.  
Itu sebabnya, lebih baik terlambat daripada tidak melakukan aksi, Manchester United dikabarkan sedang mengembangkan sebuah departemen analitik untuk menjadi acuan merekrut pemain dan melakukan identifikasi terhadap pemain berdasarkan pengamatan yang panjang di lapangan.
Barcelona dikabarkan juga mengadopsi langkah Liverpool untuk pengembangan departemen risetnya dan ujungnya sama, yaitu agar lebih akurat dan tak merugi dalam membeli pemain baru yang diincar.
Kabar bahwa Manchester United meniru Liverpool dalam membentuk departemen analitik ini juga bisa menjelaskan mengapa di Sky Sports baru-baru ini ada kabar Manchester United lebih memilih Jadon Sancho dibandingkan Harry Kane. Lepas dari Kane kabarnya tak akan dijual ke sesama pesaing di Inggris, United kemungkinan sudah mendapat pasokan data jika Sancho akan lebih berguna buat mereka di masa mendatang dibandingkan Kane.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah