Politeknik MBP Pariwisata Siapkan SDM Standard Internadonal

Medan — IvoryNews.co.id
Berdiri Sejak Tahun 2002 dan telah menamatkan Puluhan Ribu Lulusan, Program Studi (Prodi) Pariwisata dan Perhotelan Politeknik Mandiri Bina Prestasi (MBP) Medan menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya kompeten di bidang perhotelan. Ini karena mahasiswa diberikan mata kuliah teori dan praktik kompetensi perhotelan berstandar internasional.
Hal itu dikatakan Pembina Yayasan MBP Tenang Malem Tarigan MSi Ak kepada wartawan saat Bincang bincang santai dan jamuan makan siang bersama dengan wartawan yang bersamaan dengan praktek Jamuan makan mahasiswa Prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP Medan di kampus PTS tersebut,  Jalan Letjen Jamin Ginting No 267-271 Padang Bulan, Medan, Senin (8/03)
Hadir dalam bincang bincang tersebut, Ketua Yayasan MBP dr Anna Mari Ulina Bukit, Direktur Politeknik MBP, Kepala Prodi Pariwisata dan Perhotelan, Kepala Lab Kitchen dan dosen pembimbing.
Tenang Malem menjelaskan, mahasiswa Prodi Pariwisata dan Perhotelan Politeknik MBP antara lain diberi pengetahuan dan keterampilan memproduksi berbagai jenis masakan nasional maupun internasional (food production), kue dan roti (bakery and pastry) penanganan operasional restoran (food & beverages service), menangani dan menata kamar hotel (housekeeping) dan laundry.
Ditambahkan Tenang Malem Tarigan, Selain mahasiswa dilatih merencanakan dan menyelenggarakan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition atau Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran). Kemudian ada operasional front office, marketing, dan accounting.
“Dengan pengetahuan dan keterampilan seperti ini, mahasiswa yang sudah lulus dari perguruan tinggi vokasi ini mampu memenuhi kualifikasi kompetensi tenaga kerja hotel berbintang maupun kapal pesiar (cruise ship),” kata tokoh pendidikan Sumut ini.
Untuk kegiatan praktik mahasiswa, tambahnya, di kampus ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti lab kitchen, lab bar & restaurant, lab kamar tamu (model room).
Tenang Malem menambahkan, di samping  dididik mampu mengoperasikan hotel, mahasiswa Prodi Perhotelan juga dilatih untuk wirausaha (entrepreneurship). Caranya, mahasiswa diberi kesempatan mengelola restoran di kampus secara mandiri mulai dari pembelian bahan baku makanan, mengolah dan menjual kepada umum.
“Semua proses pengolahan makanan, penataan meja restoran dan penyajian makanan dan minuman ke meja tamu dilakukan sesuai standar pelayanan hotel, karena diharapkan setelah tamat nantinya mereka dapat membuka usaha seperti restoran,” kata Tenang Malem.
Kegiatan lain yang berkaitan dalam pelayanan restoran, mahasiswa juga menawarkan kepada umum  paket Table Manner yaitu etika jamuan  makan formal di restoran kepada guru-guru, pegawai kantor, dharma wanita dan lain-lain.
Dalam kesempatan itu, Tenang Malem mengatakan, untuk memperbanyak pengalaman, wawasan dan kepercayaan diri, setiap mahasiswa Diploma 3 Perhotelan diwajibkan dua kali mengikuti Praktik Kerja Nyata (PKN) atau On The Job Training di hotel dengan masa PKN enam bulan per periode yaitu periode pertama enam bulan di hotel  dalam negeri dan periode kedua enam bulan di hotel luar negeri.
“Saat ini Politek MBP menjalin kerja sama dengan PT.Ratu Oceania Raya (Agen Kapal Pesiar Celebrity, Disney, Azamara, Carnival), puluhan hotel Berbintang di luar negeri, PT.SBI Agen Kapal Pesiar Holand American Line dan berbagai hotel berbintang di dalam negeri,” tuturnya.
Penerimaan mahasiswa baru Politeknik MBP sendiri, katanya, telah dibuka sejak Mei hingga Juli untuk gelombang pertama, dan Agustus-September untuk gelombang kedua. “Untuk memudahkan pelayanan, kami membuka kontak person di nomor 081361309275 (Gurning), 081361054253 (Vera) dan 081370401815 (Edward),’’  tutup Tenang Malem. (Malau)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Mobil BekasSeva Mobil Bekas
Memilih Mobil BekasMemilih Mobil Bekas
Tips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil BekasTips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil Bekas