Honda Beat Meluncur, Pakai Rangka dan Mesin Baru

Jakarta,, -IvoryNews.co.id
Astra Honda Motor (AHM) langsung ngegas pada awal 2020 dengan meluncurkan generasi baru skutik terlaris Honda di seluruh dunia, Beat, di Jakarta, Kamis (16/1). Beat merupakan model kedua yang diluncurkan AHM pada Januari setelah penyegaran CBR150R tanpa selebrasi.

Perubahan terbesar pada Beat yaitu penggantian rangka menjadi menggunakan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Motor Honda pertama yang pakai eSAF adalah skutik 110 cc Genio, peluncurannya sudah dilakukan pada Juni 2019.

Rangka eSAF digunakan pada Beat dan varian dengan setang naked, Street. Selain rangka, AHM juga menjelaskan generasi baru Beat menggunakan mesin 110 cc SOHC baru yang masih mengandalkan PGM-FI dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power).
Mesin baru ini lebih bertenaga di putaran rendah dibanding model lama, kemampuannya 8,8 hp (6,6 kW) pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm.
Sedangkan catatan kemampuan mesin lama yaitu 8,5 hp (6,38 kW) pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9 Nm pada 6.500 rpm.
Selain lebih bertenaga, AHM mengklaim mesin baru lebih irit konsumsi bahan bakar. Tes internal dengan metode ECE R40 menunjukkan generasi baru Beat mampu mendapatkan 60,6 km per liter atau sanggup menempuh 254,52 km mengandalkan tangki yang terisi penuh.
Catatannya, kapasitas tangki bahan bakar Beat terbaru telah ditambah menjadi 4,2 liter dari sebelumnya 4 liter dan kapasitas bagasi juga meluas dari 11 liter menjadi 12 liter. Kedua hal ini bisa dicapai berkat penggunaan rangka eSAF.
Generasi baru Beat tetap memiliki fitur Combi-Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS), dan ACG starter. Sekarang semua varian menggunakan lampu depan LED.
Pada Beat standar memakai panel instrumen baru kombinasi digital dan analog dengan indikator ECO, sedangkan panel instrumen Beat Street semua digital dengan layar biru.
Fitur lain yang tersedia yakni Secure Key Shutter, Side Stand Switch, Parking Brake Lock. Khusus pada Beat CBS-ISS sudah tersedia colokan cas gadget di rak depan-kanan, sedangkan khusus pada Beat Street memakai pijakan kaki belakang alumunium.
Secara keseluruhan generasi baru Beat tersedia dalam dua varian, yakni standar dan Street. Beat standar ditawarkan tiga tipe, yakni CBS (Combi-Brake System), CBS-ISS (Idling Stop System), dan CBS-ISS Deluxe Series. Sedangkan Beat Street hanya punya satu tipe, yaitu CBS.
Motor Terlaris Honda di Dunia

Beat telah meluncur pada 2008, sejak saat itu penjualannya tercatat sudah mencapai 17 juta unit. Motor termurah dan terkecil Honda di dalam negeri ini merupakan model terlaris di Indonesia, bahkan Presiden Direktur Toshiyuki Inuma mengatakan statusnya skutik Honda terlaris di dunia.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak di rantai bisnis sepeda motor Honda yang telah mengantarkan Honda Beat sebagai motor terlaris di Indonesia, bahkan diminati negara lain. Honda beat ini memberi kontribusi signifikan buat ekspor sepeda motor Honda,” ucap Wakil Presiden Eksekutif AHM Johannes Loman.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »