Pasi Intel Kodim 0203/Lkt Usir Wartawan Saat Meliput Acara Lepas Sambut

Binjai,, -IvoryNews.co.id
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan memperoleh perlindungan hukum dari Negara, masyarakat, dan perusahaan pers, dan tugas jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi melalui media massa.
Namun demikian oknum Perwira Seksi (Pasi Intel) Kodim 0203/Lkt Kapten Kav SJ, Selasa (01/10/2019) kemarin terkesan menghalang-halangi kerja juranis melakukan liputan acara lepas sambut Komandan Kodim 0203/Lkt dan mengusir sejumlah Wartawan dengan alasan tidak diundang.
Data informasi yang diperoleh reporter IvoryNews.co.id dari sejumlah wartawan yang menjadi korban pengusiran pleh Oknum Pasi Intel Kapten Kav SJ menyebutkan kalau kejadian pengusiran dikarnakan masalah sepele soal makanan yang terhidang dicicipin oleh sejumlah Wartawan.
“Saat itu ditengah acara, kita (Sejumlah Wartawan-red) mencicipin makanan yang telah disediakan, namun secara sepontan Pasi Intel Kapten Kav SJ datang dan bertanyak ,”Kalian siapa dan dari mana, letakan makanan itu” Kata Hendri Wartawan Medan Ekspos yang meniru perkataan Kapten Kav SJ.
Pertanyakan Pasi Intel SJ kita jawab dan menujukan legalitas masing-masing profesi Wartawan, namun demikian kalau Kapten Kav SJ kembali bertanyak ,”apa kalian ada undangan dalam acara ini, sebab ini acara di intren Kami, dan kalau tidak ada undangan silahkan keluar, terang Hendri yang masih meniru perkataan Kapten SJ.
Mendengar perkataan dari Kapten SJ, akirnya kami terpaksa keluar mengikuti perintah Pasi intel demi menghindari hal-hal yang tak di inginkan, manakala aksi Kapten SJ yang  terlihat arogan saat itu tidak tertutup kemungkinan dapat mencelakai Kami para Wartawan,” Ungkap Hendrik.
Dandim 0204/Deli Serdang Bersama Jaharun Centre Menggelar Grand Final Motorcross Dalam Memeriahkan Hari Juang Kartika (HJK) ke 73 Tahun 2018.
Dari kejadian itu, Hendri mengaku sangat menyesalkan sikap Kapten Kav SJ yang menjabat Pasi Intel Kodim 0203/Lkt yang tidak menghormati profesi Wartawan saat melaksanakan tugas liputan diacara lepas sambut Komandan Kodim 0203/Lkt beberapa hari lalu.
“Kita sangat menyesalkan sikap Kapten SJ yang tidak menghormati profesi Wartawan saat melaksanakan tugas liputan diacara lepas sambut Komandan Kodim 0203/Lkt dengan mengusir sejumlah Wartawan hanya karna persoalan sepele,”Kata Hendri.
Dijelaskan nya lagi ,”padahal Kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat dihilangkan dan harus dihormati, sementara Rakyat Indonesia telah memilih dan berketetapan hati melindungi kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat itu dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Sedangkan kemerdekaan Pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat dan bagian penting dari kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat, terlebih Wartawan merupakan pilar utama kemerdekaan pers.
Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas profesinya Wartawan mutlak mendapat perlindungan hukum dari Negara dan termaksut Wartawan selayaknya mendapat perlindungan dari Kapten Kav SJ yang menjabat Pasi Intel di Kodim 0203/Lkt.
Sebebab perlindungan yang diatur dalam standar perlindungan hukum untuk Wartawan yang senantiasa mentaati kode etik jurnalistik setiap kali melaksanakan tugas profesinya yang layak dan memenuhi hak memperoleh informasi.
Sedangkan setiap Wartawan selama menjalankan profesi jurnalistik dilindungi dari tindak kekerasan, pengambilan, penyitaan dan atau perampasan alat-alat kerja, serta tidak boleh dihambat atau diintimidasi oleh pihak manapun.
Semementara pada acara lepas sambut Komandan Kodim 0203/Lkt yang kita hadiri merupakan acara seremonial yang terbuka untuk umum, sebab Komandan Kodim 0203/Lkt yang baru menjabat harus dikenal oleh masyarakat di daerah toritorialnya, jadi acara ini kami nilai bukan semata acara kegiatan intren Kodim 0203/Lkt seperti yang dikatakan Kapten SJ pada kami, sebab TNI lahir dari Rakyat dan untuk Rakyat.
Seharusnya Kapten Kav SJ merangkul Wartawan sebagai mitra kerja, dan jangan ada interpensi untuk memilah-milah Wartawan yang disukainya, Watawan bertugas sebagai sosial control melihat, mendengar dan menulis, jadi dalam kegiatan ini Kapten SJ sengaja menghalang-halangi Wartawan melakukan liputan saat acara lepas sambut tersebut.
Dan ini menjadi harapan Kami menjadi Perhatian serius atau PR buat Letkol Inf Deni Eka Gustiana selaku Komandan Kodim 0203/Lkt yang baru terkait pasca pengusiran sejumlah Wartawan diacara lepas sambut kemarin, Ujar nya.
Terkait pengusiran sejumlah Wartawan Oleh Pasi Intel Kodim 0203/Lkt, ketika reporter IvoryNews.co.id mecoba konfirmasi kepada Kapten Kav Selamat J melalui Whatsapp (WA) nomor Ponselnya Jumat (04/10/2019) Sekira Pukul 23.10.Wib hingga berita ini diterbitkan tidak menjawab, namun konfirmasi tersebut sudah bertanda terbaca.(Jun.Gtg).

Mungkin Anda Menyukai

Translate »