RSUD Dr Pirngadi Diharapkan Peroleh Akreditasi Paripurna

Medan,, -IvoryNews.co.id
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi diharapkan memperoleh akreditasi paripurna dari Tim Verifikasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta. Pasalnya akreditasi ini penting bagi rumah sakit guna meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dan melindungi keselamatan pasien (patient safety).
Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM ketika usai menghadiri Wawancara Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Daerah RSUD Dr Pirngadi dengan Tim Verifikasi KARS Jakarta di Ruang Rapat 1 RUSD Dr Pirngadi Medan, Rabu (18/9).
Dikatakan Sekda, RSUD Dr Pirngadi diharapkan ke depannya semakin baik dari segi prasarana, sarana dan SDM, terutama dalam hal pelayanan. Dengan demikian rumah sakit milik Pemko Medan ini dapat menjadi salah satu rumah sakit pilihan warga Kota Medan untuk berobat.
“Sejak kemarin hingga hari ini, tim verifikasi KARS terus melakukan survei di RSUD Dr Pirngadi. Survei ini akan berlangsung hingga Sabtu (21/9) mendatang.Kita harapkan survei ini berjalan lancar dan hasilnya memuaskan dengan meraih akreditasi paripurna,” kata Sekda.
Selanjutnya Sekda mengungkapkan, Pemko Medan akan berupaya membenahi RSUD Pirngadi yang telah beroperasi sejak 11 Agustus 1928. Pasalnya, tanpa pembenahan yang dilakukan, RSUD Pringadi akan sulit bersaing dengan rumah sakit lainnya yang ada di Kota Medan.
“Pembenahan akan dilakukan tidak hanya dari segi sarana dan prasarana saja. Disamping itu, kita pun berupaya menghadirkan teknologi dalam mendukung operasional rumah sakit ini. Sehingga seluruh sistem kerja dan pelayanan harus berbasis teknologi,” ungkapnya.
Mantan Bappeda Kota Medan ini selanjutnya mengungkapkan sumber daya manusia yang ada di RSUD juga harus mumpuni. Artinya, sarana dan prasarana serta teknologi tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal tanpa didukung SDM yang baik.Untuk itu diharapkan SDM yang ada mampu meningkatkan kualitas kerja guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Medan.
“Kita tidak bisa pungkiri, SDM yang baik juga tentunya sangat berpengaruh besar dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Medan pada khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya. Jika sarana dan prasarana baik, ditambah SDM yang baik, Insya Allah rumah sakit Pirngadi menjadi rumah sakit pilihan warga Kota Medan untuk berobat, sehingga mengurangi kecenderungan masyarakat untuk berobat ke luar negeri,” harapnya.
Sementara itu, berdasarkan pengamatan di RSUD, Tim Verifikasi KARS terus melakukan survei di RSUD Dr Pirngadi sejak pukul 10.00 WIB yang turut dihadiri Dirut RSUD Dr Pirngadi Dr Suryadi Panjaitan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan, T. Ahmad Sofyan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy, Dr Gatot Suharto MKes (MMR), Yana Zahara SKp MKep, Dr Dewi Lestarini SP KK MARS, Dr dr Masrifan Djamil MPH MMR, Winani S Kep Ners Mkep serta dr Erni Distriandari Sp M.(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »