Fitur Unduh Gambar Otomatis Buat Email Bisa Dilacak Orang

Jakarta,, -IvoryNews.co.id
Pengunduhan gambar secara otomatis pada email, bisa membuat pengirimnya melacak kapan email itu dibuka, dimana, dan pada pukul berapa. Sebab, software seperti MailChimp memang memiliki perangkat lunak untuk melacak kegiatan target pengguna pada email yang mereka kirim.

Namun, pengguna aplikasi Gmail di iPhone kini dapat memilih untuk tidak mengunduh gambar pada e-mail secara otomatis. Fitur tersebut dianggap mampu menghindari pemilik akun dari pelacakan yang tak diinginkan.

Dilansir dari The Verge, perangkat lunak seperti yang digunakan MailChimp ini bisa membuat pengguna melacak kapan email dibuka saat pengguna mengunduh file atau gambar yang disertakan pada email.

“Anda sekarang dapat memilih untuk ditanyakan sebelum gambar eksternal ditampilkan secara otomatis,” tulis dalam penjelasan aplikasi di App Store.

Sebelumnya, Gmail selalu meminta izin sebelum memuat gambar eksternal. Namun menurut Engadget, fitur tersebut dihapus dari pengaturan pada 2013. Google memutuskan untuk menjadikannya otomatis untuk menghentikan penyebaran malware.

Setelah itu, Gmail memilih untuk menyajikan gambar melalui server proxy Google sendiri. Fitur ini sendiri telah lama diaplikasikan pada versi desktop.

Untuk mendapatkan fitur terbaru ini, pengguna cukup memperbarui aplikasi di App Store. Selanjutnya, buka Pengaturan pada aplikasi, lalu pilih ‘akun spesifik’, dan pilih ‘Gambar dan pilih Tanya sebelum menampilkan gambar eksternal’.
Pilihan ini tak hanya bermanfaat untuk menghindari pelacakan saja. Namun, pengguna Gmail juga dapat menyimpan daya baterai lebih banyak ketika membuka email yang berisikan sejumlah gambar.
Selain pada Gmail di ponsel, opsi menghentikan pengunduhan gambar otomatis juga tersedia pada penyedia layanan lainnya, seperti Microsoft Outlook, Apple Mail, Android, dan iPhone.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »