Liga Spanyol Nomor Satu di Eropa

Jakarta,, -IvoryNews.co.id
Kompetisi Liga Spanyol merupakan yang teratas di antara kompetisi lain di Eropa. Nilai koefisien liga Spanyol merupakan yang tertinggi lantaran penampilan wakil yang konsisten di kompetisi Eropa.

Bersama dengan Liga Primer Inggris, Liga Italia, dan Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol masuk dalam daftar kompetisi top. Nama-nama klub yang berlaga di liga tersebut, medioker sekalipun, setidaknya terdengar oleh pencinta bola seluruh dunia.

Tahun berganti dan musim bergulir, La Liga Spanyol kini berstatus sebagai pemuncak koefisien UEFA melewati persaingan antarklub di negara Eropa lainnya.
Saat ini, koefisien Spanyol berada pada nilai 103,569. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari poin yang diraih dalam lima musim terakhir.
Jumlah yang diraih Spanyol unggul jauh ketimbang Inggris, Italia maupun Jerman. Inggris saat ini mengumpulkan 85,462 poin, Italia 74,725 poin, dan Jerman 71,927 poin.
Poin yang diraih tersebut berdasarkan performa wakil masing-masing negara di ajang kejuaraan Eropa, Liga Champions dan Liga Europa.
Perolehan poin tak semata berdasarkan karena ada wakil yang juara, namun juga melihat kemampuan klub-klub sebuah negara mengakhiri Liga Champions atau Liga Europa.
Spanyol sudah memuncaki daftar koefisien UEFA sejak musim 2012/2013, menggeser Inggris. Sejak enam tahun yang lalu, posisi tersebut tak berubah.
Pada musim 2012/2013, juara dan runner up Liga Champions adalah Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, namun performa keseluruhan wakil Spanyol cukup baik. Barcelona dan Real Madrid menembus semifinal, Malaga mencapai babak perempat final, dan Valencia masuk babak 16 besar.

Poin yang didapat Spanyol melalui wakil-wakil di Liga Champions dan Liga Europa ketika itu mencapai 17,714. Dalam penghitungan koefisien secara akumulatif poin Spanyol mencapai 88,025 dan mengungguli Inggris yang mengumpulkan 82,963.

Sejak saat itu poin koefisien Spanyol berada di puncak seiring keberhasilan Real Madrid dan Barcelona bergantian menjadi juara di Liga Champions serta Sevilla yang meraih sukses di Liga Europa.

Kendati pada musim lalu wakil-wakil Liga Inggris menguasai Liga Champions dan Liga Europa, dengan final sesama wakil Inggris di kedua ajang tersebut, peringkat Spanyol tak tergeser.

Khusus musim lalu Liga Inggris mendapat 22,642 poin dan Liga Spanyol meraih 19,571 poin, namun dalam penghitungan yang melibatkan perolehan poin empat poin sebelumnya membuat peringkat La Liga tetap berada di posisi puncak.
Perolehan poin dalam daya saing di kompetisi Eropa mempengaruhi kuantitas wakil sebuah negara dalam Liga Champions dan Liga Europa.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »