Anies di Lebaran Betawi: Jangan Jadi Penonton di Kota Sendiri

Jakarta,, -IvoryNews.co.id
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri puncak kegiatan Lebaran Betawi ke-12 di kawasan Monas, Minggu (21/7). Dalam sambutannya, Anies berharap Jakarta menjadi simbol persatuan Indonesia, dan juga meminta warga Betawi jangan hanya menjadi penonton dalam mengembangkan tradisi.

Lebaran Betawi tahun ini bertemakan ‘Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia.’

“Bahwa pesan tema ini relevan, Insyaallah Jakarta jadi simbol persatuan Indonesia. Dan kita ingin Jakarta, di mana menjadi tuan rumah di kota kita sendiri,” kata Anies di kawasan Monas, Minggu (21/7).

Anies berharap agar warga Jakarta, terutama Betawi bisa berperan lebih dalam mengembangkan tradisi di Jakarta.

“Jangan sampai kita kayak penonton di kota kita sendiri, betul? tidak boleh kita seperti merasa orang asing di tanah kita sendiri, ini tanah air kita. Karena itu, semua yang menjadi tradisi ditumbuhkan, dikembangkan bukan hanya dilestarikan,” katanya.

Kata Anies, kalau hanya dilestarikan, tradisi hanya akan menjadi barang kuno.
Lebih lanjut, Anies mengatakan Monas baru pertama kali menjadi tempat diselenggarakannya Lebaran Betawi.
“Alhamdulillah hari ini kita yang berada di tempat ini menjadi saksi pertama kalinya lebaran Betawi diselenggarakan di lapangan Monas tempat kita bersama,” kata Anies.
Anies juga bercerita bahwa Monas memiliki sejarah tersendiri bagi para masyarakat Betawi pada saat kemerdekaan Indonesia.
Pada saat itu kemerdekaan Indonesia sudah diproklamasikan, namun masih dianggap itu adalah keputusan sekelompok orang kecil.
“Dan apa yang terjadi masyarakat Betawi berbondong-bondong datang di lapangan ini, ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kemerdekaan bukan kemauan kelompok kecil, kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, dan siapa itu? masyarakat Betawi yang melakukan di tempat ini,” ujar Anies.
Anies juga menjelaskan kehadiran masyarakat Betawi pada saat itu telah mengirimkan pesan untuk seluruh dunia bahwa Indonesia merdeka bukan cita-cita dari kelompok kecil namun, cita-cita seluruh rakyat Indonesia.
Oleh karena itu, kata Anies, pada saat Ketua Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Lulung meminta Anies agar bisa menyelenggarakan Lebaran Betawi di Monas, ia sangat mendukung.
Lebaran Betawi telah diadakan sejak Jumat (19/7) dan akan ditutup pada Minggu (21/7). Kegiatan ini dimeriahkan beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi, antara lain tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »