1000 Petugas Dikerahkan Atasi Kebakaran Hebat di Portugal

Portugal,, -IvoryNews.co.id
Kebakaran hebat terjadi di tiga titik di pusat wilayah Portugal pada dini hari, Minggu (21/7). Lebih dari 1000 petugas pemadam telah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Pihak berwenang telah mengevakuasi sebagian warga di desa yang terdampak dan menyelamatkan satu warga yang terluka parah.

Kebakaran itu dimulai pada Sabtu (20/7) sore di Kota Castelo Branco, 225 kilometer timur laut dari Lisbon. Petugas pemadan kebakaran kesulitan untuk memadamkan api, karena kondisi angin yang kencang.

Perlindungan Sipil Portugal menjelaskan bahwa sebagian warga dari satu desa telah dievakuasi, dan satu korban yang memiliki luka bakar tingkat satu dan tingkat dua telah dibawa ke rumah sakit Lisbon oleh helikopter. Tujuh petugas pemadam kebakaran terluka dalam operasi pemadaman tersebut.

Kebakaran pun telah menjalar hingga ke daerah Macao, sebuah kotamadya di Distrik Santarem. Seorang warga Macao mengeluh tidak cukupnya jumlah petugas kebakaran di darat.
“Kebakaran sangat hebat. Kami (warga) harus ikut melawan api,” ujar salah satu warga Macao kepada TV Portugal SIC, sebagaimana telah dilansir oleh Reuters.
Salah satu titik yang juga terkena kebakaran tersebut adalah Kota Villa de Rei. Wali Kota Villa de Rei Ricardo Aires juga menjelaskan kurangnya petugas pemadam kebakaran serta sumber daya untuk memadamkan api kepada penyiar RTP Portugal.
Angkatan Bersenjata Portugal pun telah mengerahkan 20 tentara tambahan. Mereka akan membantu operasi pemadaman dengan membawa empat buldoser.
Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa menyatakan bahwa ia terus mengikuti situasi dengan cermat, dan akan mengirimkan bantuan solidaritas kepada mereka yang terkena dampak.
Pihak berwenang berharap mereka sudah dapat memadamkan api di tiga titik tersebut pada pukul 6 atau 7 pagi, di waktu setempat.
Bukan pertama kalinya Portugal mengalami kebakaran besar. Di Bulan Juni 2017, Kebakaran hebat yang membakar Pusat Kota Pedrogao Grande telah menelan 64 korban dan membuat 250 warga terluka. Kebakaran tersebut merupakan kasus kebakaran terburuk dalam Sejarah Portugal.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »