China dan 18 Negara Arab Teken Kerja Sama Proyek OBOR Rp497 T

China,, -IvoryNews.co.id
China menyatakan telah menandatangani kerja sama yang masuk dalam Program Pengembangan Jalur Sutra Modern (OBOR) dengan 18 negara di kawasan Arab.

Wakil Menteri perdagangan China Qian Keming mengatakan dalam kerja sama tersebut sejumlah perusahaan China telah menandatangani kontrak proyek bernilai US$35,6 miliar atau setara Rp497,7 triliun dengan negara Arab.

Kontrak berkaitan dengan pembangunan pelabuhan, jalan kereta api, jalur listrik, dan telekomunikasi.

Ia mengatakan kesepakatan tersebut cukup penting terutama untuk bidang perdagangan. Sebagai catatan, nilai perdagangan bilateral China dengan beberapa negara Arab pada 2018 mencapai angka US$244,3 miliar.

Angka perdagangan tersebut naik 28 persen dibandingkan 2017.
“Dengan kerja sama ini, China ingin meningkatkan hubungan strategis dengan beberapa negara Arab agar bersama-sama bisa mengembangkan Program Sabuk Jalan,” katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/7).
Selain kerja sama pembangunan infrastruktur, untuk meningkatkan hubungan, China dan negara Arab kata Qian akan menggelar pameran dagang di Kota Yinchuan, Daerah Otonomi Ningxia. Pameran dagang tersebut akan digelar 5-8 September mendatang.
Pameran bakal menampilkan platform perdagangan berbasis elektronik, infrastruktur, perdagangan, dan investasi. Ia berharap pameran bisa memberikan keuntungan bersama bagi China dan negara-negara Arab.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »