Pemenang Wanita di Grammy Awards 2019 Meningkat 82 Persen

IvoryNews.co.id
Penyelenggaraan Grammy Awards tahun ini telah menunjukkan kemajuannya untuk turut mengapresiasi musisi wanita. Menurut laporan, peningkatan pemenang wanita di ajang penghargaan musik itu telah meningkat sebesar 82 persen tahun ini.

Pada 2018, tercatat hanya 17 dari 86 penghargaan yang diberikan kepada musisi wanita. Kurangnya kemenangan wanita pada Grammy tahun lalu sempat menimbulkan kontroversi. Apalagi, ditambah dengan pernyataan sang bos Record Academy Neil Portnow yang mengatakan bahwa wanita perlu melangkah lebih tinggi lagi.

Kini, pada ajang yang diadakan Minggu (10/2) malam di Staples Center, Los Angeles, ada sekitar 31 wanita yang memenangkan piala berbentuk gramofon itu. Beberapa di antaranya bahkan berhasil dinobatkan sebagai pemenang penghargaan kategori bergengsi.

Kacey Musgraves mengantongi piala untuk Album Of The Year, Best Country Solo Performance, Best Country Song dan Best Country Album. Kemudian pemenang wanita lainnya termasuk Dua Lipa sebagai Best New Artist, Cardi B sebagai rapper wanita pertama yang dapat Best Rap Album, serta Lady Gaga, H.E.R, dan St. Vincent yang ikut membawa pulang piala.

“Saya pikir wanita memiliki perspektif yang sangat diperlukan untuk seni, musik, dan sangat menyenangkan melihat mendapat kesempatan untuk terlibat,” kata Musgraves di belakang panggung, dikutip NME.

Bukan hanya kemenangan para wanita, pertunjukan malam itu juga didominasi oleh penampilan para wanita. Ada Camila Cabello yang membuat pertunjukan dengan apik, lalu diikuti dengan aksi dari Cardi, Musgraves, Gaga, HER, Diana Ross, Dolly Parton, Miley Cyrus, serta kolaborasi antara Lipa dan St. Vincent.

Tahun lalu, Grammy mengumumkan inisiatif baru untuk meningkatkan kemajuan perempuan setelah komentar Portnow.

“Recording Academy membentuk gugus tugas independen untuk meninjau setiap aspek dari apa yang kami lakukan sebagai organisasi dan mengidentifikasi di mana kami dapat melakukan lebih banyak untuk mengatasi hambatan eksplisit dan bias tidak sadar yang menghambat kemajuan perempuan dalam komunitas musik,” katanya ketika mengumumkan ide baru.

“Kami juga akan menempatkan diri di bawah mikroskop dan menyelesaikan kebenaran apa pun yang diungkapkan.”

Mungkin Anda Menyukai

Translate »