Ivanka Trump Disebut Jadi Calon Kandidat Presiden Bank Dunia

AS,, –IvoryNews.co.id
Nama mantan duta besar PBB Nikki Haley dan putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump disebut-sebut menjadi kandidat dari Amerika yang mungkin menggantikan Jim Yong Kim sebagai presiden bank dunia.

The Financial Times melaporkan, selain Ivanka dan Haley, ada beberapa nama lain yang menjadi kandidat pengganti Kim. Beberapa nama tersebut adalah wakil menteri keuangan David Malpass dan Mark Green, kepala badan pembangunan Internasional AS.

Mengutip AFP, departemen keuangan mengungkapkan bahwa mereka tidak berkomentar tentang calon-calon potensial tersebut.

“Departemen sudah menerima sejumlah besar rekomendasi,” kata seorang juru bicara.

“Kami sedang memulai proses peninjauan internal untuk calon AS. Kami berharap bisa bekerjasama dengan gubernur untuk memilih pemimpin baru.”

Berdasarkan perjanjian tak tertulis, Amerika Serikat, yang merupakan pemegang saham terbesar bank dunia, selalu memilih presidennya sejak lembaga ini didirikan setelah Perang Dunia II.

Dewan Bank Dunia, Kamis mengungkapkan akan mulai menerima nominasi presiden baru awal bulan Februari. Mereka akan mengumumkan nama pengganti Kim dan menjadi presiden bank dunia yang baru pada pertengahan April.

Untuk mengisi kekosongan pascapengumuman mundur Kim, CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva akan menjabat sebagai presiden sementara mulai saat pengunduran diri Kim berlaku 1 Februari mendatang.

sumber:cnn

Mungkin Anda Menyukai

Translate »