Trump Copot Wakil Penasihat Keamanan AS setelah didesak Melania.

Amerika Serikat , — IvoryNews.co.id
Maria Ricardel dicopot dari jabatan wakil penasihat keamanan nasional Amerika Serikat setelah Ibu Negara, Melania, mengeluhkan kinerja perempuan itu kepada Presiden Donald Trump.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengonfirmasi kabar tersebut dan mengatakan bahwa Ricardel bakal tetap mendukung Trump.

“(Ricardel) akan terus mendukung presiden ketika dirinya meninggalkan Gedung Putih untuk bertransisi ke pekerjaan baru dalam pemerintahan,” kata Sanders, sebagaimana dikutip Reuters.

Namun, Sanders tidak menyebutkan secara detail apa pekerjaan baru Ricardel.

Konfirmasi ini disampaikan sehari setelah kantor Melania merilis pernyataan berbunyi, “Kantor Ibu Negara menganggap [Ricardel] tak lagi pantas memegang kehormatan untuk mengabdi di Gedung Putih.”

Sejumlah pejabat mengatakan bahwa pernyataan itu berkaitan dengan kunjungan Melania ke Afrika pada Oktober lalu.

Menurut para pejabat itu, Melania sempat mengeluh kepada Trump mengenai perlakuan Ricardel padanya selama kunjungan tersebut.

Melania pun secara eksplisit meminta Trump memecat Ricardel karena lawatan ke Afrika itu “tak berjalan baik.”

Salah satu sumber Reuters mengatakan bahwa Ricardel mencoba mempersingkat kunjungan Melania tersebut terkait sumber daya pemerintah yang mendukung perjalanan itu. Namun, sumber itu tak menjelaskan lebih lanjut.

Ricardel sendiri disebut tak begitu disukai di lingkungan Dewan Keamanan Nasional (NSC), kecuali oleh bosnya, John Bolton, yang kini sedang mengawal Wakil Presiden AS, Mike Pence, dalam rangkaian lawatannya ke Asia.

Satu sumber lainnya bahkan menyebut Ricardel juga tak disukai oleh Menteri Keamanan AS, Jim Mattis.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »