Modifikasi Truk ‘Superhero’ Telan Dana Rp300 Juta

Jakarta ,, –IvoryNews.co.id
Truk modifikasi bertema ‘superhero’ terinspirasi dari film Avengers keluar sebagai pemenang dalam acara Jogjakarta Truck Festival 2018 di Jogja Expo Center (JEC) pada Minggu (9/9).

Bus tersebut dinobatkan sebagai ‘The Best King of Truck Modification 2018’ dan membawa pulang piala bergilir dari Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Pakualam X.

Pemilik bus, Kendal Danu Siswoyo mengaku menghabiskan dana modifikasi hingga Rp300 juta untuk mengalahkan 139 truk kontestan lain.

“Saya sangat senang sekali dan bangga bisa berkarya di dunia truk modifikasi,” kata Siswoyo dalam keterangan resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi Fuso diterima CNNIndonesia.com, Senin (10/9).

Ide awal menggunakan tema superhero karena melihat sang buah hati yang sangat mengemari tokoh superhero pada film Avengers. Ia pun tak pikir panjang, lantas memodifikasi bagian luar dan dalam Mitsubishi Canter.

Hasilnya bisa dilihat sejumlah pemeran dalam film Avengers menutupi sekucur tubuh truk lansiran tahun 2011 tersebut, seperti Iron Man, Hulk dan Thor. Tak ada pekerjaan sulit untuk bagian luar yang keseluruhannya menggunakan teknik airbrush dengan corak warna merah, kuning dan emas.

Alhasil seluruh ‘kepala’ hingga bak penampung truk menjadi tempat menumpahkan ide liar Siswoyo. Urusan pengecatan dipercayakan kepada Customize Art di Semarang.

Hanya saja kendala pada pemasangan air suspension (suspensi sistem udara) di setiap kaki-kaki truk. Untuk bagian ini, Siswoyo rela mengucurkan duit hingga puluhan juta rupiah demi menciptakan kesan mewah pada eksterior truk. Setelah terpasang sempurna, bodi truk bisa naik turun layaknya bus AKAP.

Melongok ke bagian samping bisa dilihat knalpot berbahan stainless di samping pintu. Desain ini mirip seperti knalpot truk tangguh Optimus Prime.

Interior truk milik pengusaha logistik asal Kendal Jawa Tengah itu juga mendapat sentuhan, mulai dari dasbor, pilar hingga tersedia sunroof. Untuk dasbor dan jok dilapisi kulit sintetis yang warnanya menyesuaikan eskterior. Ini belum termasuk sistem audio yang menghasilkan suara berkualitas baik.

“Proses pengerjaan, mulai Januari 2017 sampai Agustus 2018. Bagian tersulit pengerjaan ada pada kaki-kaki, yaitu air suspension,” tutup Siswoyo. 

Sumber :

 

Mungkin Anda Menyukai

Translate »