Mars Bisa Terlihat dari Langit Indonesia

Jakarta , — IvoryNews.co.id
Setelah fenomena gerhana bulan total akhir pekan lalu, besok masyarakat bisa melihat planet Mars dari langit Indonesia.
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengungkapkan besok, Rabu (1/8) Mars akan terlihat sebelum tengah malam di langit timur.

“Sebelum tengah malam terlihat di langit timur sebagai bintang terang berwarna kemerahan,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (30/7).

Jika merujuk pada media Kanada, planet Mars akan memiliki jarak terdekat dengan Bumi pada jam 10 malam hari ini, Selasa (31/7). Namun, jika dikonversikan menjadi waktu Indonesia maka fenomena alam tersebut terjadi pada pagi hari Rabu, (1/8).
Apabila menggunakan teropong untuk melihat Mars, hanya akan melihat lingkaran terang berwarna merah. Ketika menggunakan teleskop, fitur lain Mars secara detail bisa terlihat.

Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), nantinya Mars hanya akan berjarak sekitar 57,6 juta kilometer (35,8 juta mil) dari bumi. Mars tidak akan berjarak sedekat ini lagi dengan bumi sampai tanggal 15 September 2035.

Peristiwa Mars Approach yang memungkinkan Mars terlihat jelas dari Bumi diperkirakan hanya terjadi setiap 15-17 tahun sekali. Sebelumnya, peristiwa ini terjadi pada tahun 2003, saat Mars berjarak 56,17 juta kilometer (34,9 mil) dari bumi. Ini adalah jarak terdekat dalam 60 ribu tahun terakhir.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »