Kereta Tergelincir di Turki, sedikitnya 10 Penumpang Tewas dan 73 terluka

Turki , — IvoryNews.co.id
Sedikitnya 10 penumpang tewas dan 73 terluka saat sebuah kereta yang dipenuhi penumpang akhir pekan tergelincir di Turki pada Minggu (8/7) waktu setempat.

Kereta dengan lebih dari 360 penumpang itu tengah melaju dari wilayah Edirne di perbatasan Yunani dan Bulgaria, menuju Stasiun Halkali di Istanbul, ketika enam gerbongnya tergelincir di wilayah Tekirdag.

Dikutip dari AFP, Wakil Menteri Kesehatan Eyup Gumus kepada Stasiun Televisi TRT Haber menyebut sekitar 100 ambulans dikerahkan ke lokasi untuk menolong para penumpang.

Potongan gambar televisi menunjukkan sejumlah gerbong kereta yang keluar dari relnya dan para penumpang yang terluka sedang diselamatkan oleh tim penyelamat.

“Ada banyak korban luka dan ada penumpang yang tewas,” kata Gubernur Tekirdag Mehmet Ceylan kepada saluran NTV. “Kecelakaan terjadi karena kondisi cuaca buruk,” lanjutnya.

Sejumlah laporan menyebut area sekitar kejadian dipenuhi lumpur akibat hujan yang turun baru-baru ini, menyebabkan tanah di bawah rel terkikis sehingga berujung kecelakaan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah diberitahu kecelakaan tersebut. Ia telah menyatakan belasungkawa atas korban jiwa, demikian dilaporkan Kantor Berita Turki Anadolu.

Jaringan kereta api Turki beberapa kali mengalami kecelakaan fatal dalam beberapa tahun tahun terakhir. Pada Januari 2008, sembilan orang terbunuh saat kereta api tergelincir di wilayah Kutahya, Selatan Turki, akibat rel yang rusak.

Kecelakaan terburuk terjadi pada Juli 2004 silam, saat kereta yang tergelincir menewaskan 41 orang dan melukai 80 lainnya.

Dalam beberapa tahun ini, pemerintah Turki di bawah Erdogan telah berusaha memodernisasi jaringan kereta api dan membangun sejumlah jalur antar-kota berkecepatan tinggi.

Upaya modernisasi itu berhasil mengubah kebiasaan warga Turki yang sebelumnya lebih memilih menggunakan bus atau pesawat terbang untuk perjalanan antar-kota. 

Mungkin Anda Menyukai

Translate »