Korut Bidik Swiss Jadi tuan rumah Pertemuan Kedua dengan AS

Korea Utara , — IvoryNews.co.id
Korea Utara dilaporkan membidik Swiss untuk menjadi tuan rumah pertemuan kedua dengan Amerika Serikat.

Media Jepang, Kyodo News, melaporkan bahwa satu tim diplomat Korut dikirim ke Jenewa, Bern, dan Davos untuk melihat balai pertemuan dan hotel yang dapat digunakan sebagai lokasi pertemuan dengan AS.

Dilansir The Straits Times, dalam pertemuan tersebut AS dan Korut akan merampungkan pembicaraan mengenai perlucutan senjata nuklir dan normalisasi hubungan kedua negara.

Indikasi ini semakin kuat setelah Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, dilaporkan kembali bertandang ke Pyongyang untuk membahas detail kesepakatan denuklirisasi, salah satu isu pokok pertemuan Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un Juni lalu.

Setelah itu, Korut merencanakan pertemuan multilateral bersama AS dan sejumlah negara lain, seperti Korea Selatan juga China. Menurut Kyodo, Korut kembali membidik Jenewa sebagai lokasi pertemuan tersebut.
Sebagai negara yang pernah dijadikan tujuan Kim Jong-un untuk belajar di masa mudanya pun sudah menyatakan keinginan mereka menjadi tuan rumah pertemuan Korut dan AS.

Setiap tahun, Swiss juga menggelar Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang biasanya dihadiri sejumlah kepala negara.

Presiden China, Xi Jinping, hadir dalam pertemuan WEF di Davos tahun lalu, sementara Trump bertandang ke acara tahunan itu pada 2018…(cnn)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »