Jokowi Buka Istana Bogor untuk bersilahturahmi dengan Warga

Bogor , — IvoryNews.co.id
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengundang masyarakat bersilaturahmi bersama di Istana Bogor dalam rangka memperingati Idul Fitri 1439 Hijriah yang jatuh esok hari, Jumat (15/6).

Berdasarkan keterangan resmi, silaturahmi (open house) bersama masyarakat bakal dilakukan pukul 09.30-11.00 WIB, tepat sebelum melaksanakan salat Jumat.

Masyarakat bisa masuk ke Kompleks Istana Bogor melalui pintu 2 Kebun Raya Bogor, di depan Bank BCA Juanda Bogor dan disarankan menggunakan kendaraan umum karena terbatasnya area parkir di sekitar Istana.

Pagi harinya, Jokowi beserta Iriana akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor. Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof. Dr. Didin Saefuddin Buchori, M. A., akan bertindak sebagai imam dan khatib.

Presiden terlebih dahulu akan berhalalbihalal dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla, para ketua lembaga negara, menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, serta pejabat negara lainnya.

Hal ini telah dilakukan sejak tahun lalu di Kompleks Istana Jakarta. Saat itu, Jokowi salat Id bersama masyarakat di Masjid Istiqlal dan membuka pintu Istana selebar-lebarnya bagi masyarakat.

Suasana berlangsung sangat santai, masyarakat tak dibatasi bertemu Kepala Negara. Mereka bahkan bisa masuk Istana meski mengenakan kaus, celana jin, dan sandal jepit.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan lebaran hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh besok, Jumat (15/6). Hari raya ditetapkan usai Kemenag menggelar Sidang Isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kemenag, hari ini.

Lukman mengatakan,dari sidang isbat diketahui hilal sudah terilihat berdasarkan pengamatan 12 petugas yang tersebar di 97 titik dari 34 provinsi. Mereka adalah petugas yang telah disumpah terkait dengan kesaksian dan penglihatannya.

“Seluruh peserta Sidang Isbat sepakat bahwa besok telah memasuki 1 Syawal 1439 H. Dengan demikian maka esok hari kita tidak lagi berpuasa. Besok seluruh umat muslim akan menunaikan Salat Id,” kata Menteri Lukman saat memberikan keterangan pers di Kementerian Agama….(cnn)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »