Wali Kota: Personil Satpol PP & Satlinmas Harus Tunjukkan Dedikasi Serta Loyalitas

Medan,—IvoryNews.co.id
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Medan harus dapat menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya dalam rangka penegakan peraturan daerah (Perda)  di Kota Medan.  Di samping itu juga dapat melaksanakan tugasnya menjaga ketertiban umum dengan baik di tengah masyarakat.
Himbauan ini disampaikan Wali Kota ketika bertindak sebagai pembina upacara dalam apel untuk memperingati HUT Satpol PP ke 68 dan Sat Linmas Kota Medan ke 56 di Lapangan Benteng Medan,  Senin (14/5/18).  Apel  ini mengusung  tema, “Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018”.
Dikatakan Wali Kota,  momentum hari jadi Satpol PP dan Satlinmas harus dijadikan sebagai spirit dan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi,  terutama dalam upaya penegakan Perda di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Sebab, tugas yang diemban petugas Satpol PP dan Satlinmas ke depannya akan semakin berat.
 “Jadikan momentum hari jadi ini sebagai spirit dan motivasi bagi seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas Kota Medan untuk bekerja lebih baik lagi. Sebagai apratur penegakan Perda,  saya berharap dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kemudian sebagai corong dan perpanjangan tangan Pemko Medan,  Satpol PP dan Satlinmas harus dapat memberikan pelayanan keamanan sekaligus menjaga ketertiban umum di kota yang kita cintai ini,” kata Wali Kota.
Oleh karenanya tegas Wali Kota,  seluruh jajaran Satpol dan Satlinmas Kota Medan harus dapat menyikapinya dengan baik sehingga apa yang menjadi harapan dapat terwujud.  Di samping itu lagi tambah Wali Kota, setiap dalam menjalankan tugas harus bisa menyesesuaikan diri dengan masyarakat sehingga masyarakat merasa terlindungi dan terlayani dengan baik.
Apel  ini turut dihadiri Sekda Kota Medan Ir H Syaiful Hari Lubis, Ketua DPRD Medan Hendri Jhon Hutagalung, Kajari Medan Olopan Nainggolan SH MH, Dandim 0201/BS Kol mInf Bambang Herqutanto, Danyon Marhanlan Letkol Mar Abdi Zunanda Tambunan,  Kapolrestabes Pelabuhan belawan  AKBP Ikhwan Lubis SH MH serta unsur Forkopimda lainnya, Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta  camat dan lurah se-Kota Medan.
Dalam apel yang berlangsung tertib dan penuh khidmat tersebut, Wali Kota selanjutnya membacakan pidato tertulis Tjahjo Kumulo.  Mendagri menyampian apresiasi setinggi-tingginya  serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas dediaksi dan loyalitas  yang telah ditunjukkan selama ini.
 “Tingkatkan terus kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, komppeten dan berintegrasi tinggi yang diharapkan dapat menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan,”  pesan Mendagri.
Selanjutnya menyangkut tema yang diusung, Mendagri menjelaskan, merujuk upaya peningkatan kesiagapan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas  sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran  pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Momen Pilkada  serentak ini, jelasnya,  menjadi sangat penting  bagi semua, terutama bagi jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah.
“Biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat tajam. Untuk menyikapinya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus terus dapat menyiapkan diri sejak dini,” ungkapnya.
Usai apel, Kasatpol PP kota Medan M Sofyan pun menghadirkan sejumlah atraksi petugas Satpol PP dengan memperlihatkan kemampuan mereka membela diri dengan menggunakan jurus karate dan silat. Selain memperagakan teknik pernafasan untuk memecahkan batu bata dengan kepala dan mematahkan papan lewat tendangan dan pukulan, juga diperlihat bagaimana petugas Satpol PP baik pria dan perempuan untuk menghadapi serangan lawan pada saat bertugas di lapangan.
Prosesi apel berjalan dengan lancar,  Sekretaris Satpol PP Rakhmat P Harahap bertindak sebagai komandan upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan seluruh pasukan yang dilakukan Wali Kota selaku komandan upacara didampingi komandan upacara dengan mengendarai mobil jeep terbuka              . (SRY)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »