Google Doodle Hadirkan Sosok Melies dalam ‘Virtual Reality’

IvoryNews.co.id
Google Doodle memiliki tampilan yang berbeda hari ini, Kamis (5/3). Google pertama kalinya menampilkan Doodle interaktif Virtual Reality (VR) 360 derajat untuk mengenang Georges Méliès.

Pembaca akan disuguhkan video animasi 360 derajat berdurasi sekitar 2 menit 10 detik yang berkisah tentang Méliès.

Méliès sendiri merupakan ilusionis dan sutradara film pelopor dari Prancis. Hari ini bertepatan dengan tanggal rilis mahakaryanya yakni The Conquest of the Pole (1912).

Méliès menjadi pelopor berbagai teknik film dalam aspek teknis dan naratif di masa awal perfilman, terutama dalam penggunaan efek khusus dan pembuatan beberapa film pertama yang bergenre fiksi ilmiah.

Pembaca akan disuguhkan video animasi 360 derajat berdurasi sekitar 2 menit 10 detik yang berkisah tentang Méliès. (Foto: Google Doodle)

Dalam laman resmi Google Doodle, Méliès dikisahkan sebagai pelopor sinematografi dan efek khusus. Dia memiliki berbagai keahlian dari mulai pelukis, pembuat karikatur hingga pesulap.

“Kontribusi Méliès untuk dunia film amat revolusioner. Saat sinematografi baru muncul dan hampir semua bergaya dokumenter, Méliès membuka pintu-pintu mimpi, keajaiban, dan fiksi seorang diri,” tulis Google Doodle.

Méliès sering kali mendapatkan inspirasi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada zamannya. Misalnya, filmnya A la Conquête du Pôle (The Conquest of the Pole, 1912) menyuguhkan interpretasi komikal nan ajaib atas eksplorasi yang dilakukan Amundsen dan pesaingnya yang malang.

“Kedua contoh itu membawa kita ke kontribusi besar lainnya dari pemikirannya yang selalu jadi pelopor: efek khusus. Keajaiban dari George Lucas dan Steven Spielberg saat ini tak akan bisa terwujud tanpa pengembangan teknik Méliès dalam pemanfaatan pendukung film,” jelas laman Doodle.

Teknik-teknik film yang digunakan Méliès tersebut yang dibawa kembali oleh Doodle ke dalam video singkat tersebut. Dikutip dari laman Google Doodle, berikut berapa trik yang dipelopori Méliès dan terekam dalam video animasi singkat 360 derajat:

1. Film The One-Man Band (1990), Méliès merekam dirinya berulang kali pada strip film yang sama.
2. Film The Living Playing Cards (1905) Méliès menghentikan kamera, beralih karakter dan mulai merekam lagi.
3. Film The Four Troublesome Heads (1989) Méliès menutupkan benda berwarna hitam di depan kamera untuk menciptakan ilusi elemen menghilang.
4. Film The Mermaid (1904) Méliès menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya, tapi kali ini, dia merekam sedikit bagian film lainnya di bagian atas benda hitam.
5. Film Trip to the Moon (1902) Méliès menghentikan kamera, meminta karakter keluar dari frame, dan mulai merekam lagi.
Teknik-teknik film yang digunakan Méliès tersebut yang dibawa kembali oleh Doodle ke dalam video singkat tersebut. (Foto: Google Doodle)

“Kami ingin tampilan visual dalam Doodle ini merepresentasikan dunia buatan yang diciptakan Méliès melalui film-filmnya. Dia membuat dan melukis semua asetnya sendiri,” jelas Doodle.

VR Georges Méliès ini merupakan kolaborasi Google Spotlight Stories dan Google Arts & Culture bersama tim Cinémathèque Française. (Int)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »