Dilelang…Kartu Sidik Jari ketika ” Dewa Gitar ” Jimi Hendrix ditangkap.

Kanada , — IvoryNews.co.id
Benda-benda bertanda tangan Jimi Hendrix akan kembali dilelang. Bukan gitar atau album, kali ini beberapa pernik yang pernah menjadi bagian dari perjalanan hidup musisi legendaris itu bakal ditawarkan ke publik.

Salah satunya, kartu sidik jari ketika ”dewa gitar” tersebut ditangkap petugas keamanan Bandara Internasional Toronto, Kanada, atas kasus kepemilikan ganja dan obat-obatan terlarang pada 1969. Ketika itu Hendrix ditahan selama tiga hari di bandara setelah petugas menemukan ganja dan heroin dalam kopernya. Namun dia kemudian dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan.

Badan lelang RR Auction diperkirakan membuka penawaran dengan harga USD15.000 atau sekitar Rp267 juta. Itu benda termahal yang akan dilelang pada pekan depan. ”Item lainnya, yakni menu kafe, poster (konser) Woostock dan tiket konser. Diperkirakan semuanya akan menghasilkan lebih dari USD31.000,” kata RR Auction dikutip Dailymail, Jumat (2/3/2018).

Item lainnya yakni catatan kriminal Hendrix saat mengambil mobil tanpa izin pada 1961 dari kota asalnya Seattle, Washington, Amerika Serikat. Lelang berjalan dari 8 sampai 15 Maret 2018.

James Marshall Hendrix alias Jimi Hendrix akan selalu dikenang sebagai salah satu musisi terhebat yang pernah lahir. Yang spektakuler, ketenarannya hanya berjalan selama empat tahun.


Lahir pada 27 November 1942, gitaris dan penulis lagu asal  meninggal pada 18 September 1970 atau pada usia 27 tahun. Hendrix ditahbiskan sebagai pemain gitar listrik terbaik dan musisi berpengaruh dalam sejarah musik.

Bersama grup yang didirikannya, The Jimi Hendrix Experience, dia mengguncang pertunjukan Monterey Pop Festival pada 1967. Salah satu penampilan ikoniknya terjadi di festival musik terbesar, Woodstock, pada 1969.

Sederet penghargaan pernah diterimanya. Guitar Player menobatkan Hendrix sebagai rock guitarist of the year pada 1970. Sebelumnya pada 1968, Rolling Stone menahbiskannya sebagai performer of the year.

Sejumlah memorabilia Hendrix pernah dilelang sebelumnya. Pada 2008, gitar Fender Stratocaster yang pernah dia bakar saat pentas di Astoria, Finsbury Park, London dilelang dan laku USD498.000 atau sekitar  Rp4,6 miliar pada waktu itu.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »