Korsel Habiskan Rp 3 M untuk melayani delegasi Korut beserta Adik Kim Jong Un Selama 3 Hari

SEOUL , — IvoryNews.co.id
Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan membeberkan dana yang dikeluarkan Pemerintah untuk melayani delagasi Korea Utara (Korut) yang hadir di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Delegasi Korut terdiri dari Presidium Majelis Rakyat Kim Yong Nam, adik Kim Jong Un yakni Kim Yo Jong, dua pejabat Pemerintah, serta 18 staf lainnya, sehingga jumlah totalnya 22 orang.

Korsel menghabiskan 240 juta won atau sekitar Rp3 miliar untuk Kim Yo Jong dan delegasi lainnya selama 3 hari kunjungan mereka di Korsel. Jika dirata-rata, setiap anggota delegasi mendapat Rp136 juta. Demikian dikutip dari Reuters, Kamis (22/2/2018).

Uang itu sebagian besar dihabiskan untuk biaya akomodasi, transportasi, dan makan. Kementerian Unifikasi menghabiskan 130 juta won untuk akomodasi serta masing-masing 50 juta won untuk transportasi dan makan anggota delegasi. Delegasi Korut diketahui menginap di hotel bintang 5 Walkerhill di sebelah timur Seoul.

Sebagai perbandingan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyediakan USD50.000 atau sekitar Rp674 juta untuk latihan dan persiapan 22 atlet Korut selama sekitar 2 pekan. Jika dirata-rata, setiap orang mendapatkan USD2.300 atau sekitar Rp31 juta.

Jumlah itu belum termasuk anggaran USD2,6 juta atau sekitar Rp 35 miliar yang disetujui kementerian untuk menjamu 418 penampil seni Korut, seperti pemandu sorak dan kelompok orkestra. Artinya, setiap mereka mendapat USD6.200 atau sekitar Rp84 juta. Mereka berada di Korsel selama olimpiade berlangsung yakni 2 pekan.

Mungkin Anda Menyukai

Translate »