Panglima Kosekhanudnas III Beri Kuliah Geopolitik Kepada Perwira

Medan , — IvoryNews.co.id
Panglima Kosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr (Han),  memberikan kuliah geopolitik kepada seluruh perwira menengah dan perwira pertama berpangkat kapten di ruang rapat Makosekhanudnas III. Senin (04/12). Hadir dalam acara tersebut Para Asisten Kosekhanudnas III, para Pamen dan Pama Kosekhanudnas III, Para Perwira Wing III Paskhas.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kosekhanudnas III menyampaikan kuliah Geopolitik adalah kekuatan dan kekuasaan yang dikembangkan berdasarkan pemahaman tentang paham perang dan damai serta disesuaikan dengan kondisi dan konstelasi geografi Indonesia.
Sebagai acuan bersama geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan Negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.
Geopolitik bertumpu pada geografi sosial (hukum geografis), mengenai situasi, kondisi, atau konstelasi geografi dan segala sesuatu yang dianggap relevan dengan karakteristik geografi suatu negara.
Selain itu, Geostrategi merupakan suatu strategi memanfaatkan kondisi geografi negara dalam menentukan kebijakan, tujuan dan sarana untuk mencapai tujuan nasional.
Selain berbicara mengenai materigeopolitik, Panglima juga mengajak para perwira untuk mampu secara bijak menggunakan kemajuan teknologi informasi dengan metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945. Ini diperlukan untuk mewujudkan dan mempertahankan integrasi bangsa dalam masyarakat majemuk dan heterogen. (Jol)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »