Tobasa , — IvoryNews.co.id
Orchestra Vinculos asal Madrid Spanyol yang berjumlah sekitar puluhan orang tampil “flash mob,” di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Kota Balige, tepatnya di Kompleks Tugu DI Panjaitan Balige, Jumat (28/7/2017) lalu.
Antusiasme masyarakat Tobasa terlihat menyaksikan penampilan orkestra asal Spanyol, terlebih disaat  berkolaborasi dengan musisi lokal yang membawakan lagu “Sinanggar Tullo “.
Secara spontan, Bupati dan Wabup Tobasa, Kapolres Tobasa dan masyarakat manortor (menari tradisional Batak) bersama.
Salah seorang warga, boru Siahaan asal Laguboti menemui salah seorang personel orkestra dan mengaku senang akan kehadiran Vinculos dari Spanyol.
“Mudah-mudahan Tobasa semakin maju dan bidang wisatanya semakin mendunia dengan adanya program destyinasy pariwisata Danau Toba ini,” harapnya.
Selanjutnya seluruh personel Vinculos berkeliling di pasar tradisional Kota Balige, berbaur dengan masyarakat, mengamati aktivitas masyarakat serta berbelanja beberapa souvenir, berupa ulos dan rempah – rempah yang mereka anggap unik, seperti andaliman dan antarasa tanaman khas dataran tinggi kawasan Danau Toba.
Bupati Tobasa, Darwin Siagian, berharap kehadiran Orkestra Vinculos di kawasan Danau Toba dapat menjadi awal yang baik untuk perkembangan pariwisata khususnya di Tobasa….(HN)