10 Mobil Termahal di Dunia 2017 (1): Harga Termurah Rp346 M

Jakarta -IvoryNews.co.id

Mobil-mobil termahal di dunia yang dijual di ajang lelang selalu berubah dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan setiap tahun digelar acara lelang. Beberapa lelang terbesar diadakan oleh penyelanggara yang sudah punya nama di kalangan kolektor, seperti RM Sotheby, Bonhams, Mecum, dan lainnya.

Mobil yang terjual dengan harga fantastis pun merupakan kendaraan lawas yang pernah berjaya di arena balap di masanya. Selain itu faktor yang membuat harga mobil lawas tinggi adalah langka dan pernah dimiliki orang terkenal. Hal lain adalah usia produksi, semakin lama tahun pembuatannya, harganya makin selangit. Tidak heran jika mobil lawas jauh lebih mahal dibandingkan mobil baru. Sehingga, mobil-mobil klasik ini juga bisa disebut sebagai kendaraan termahal di dunia.

Penawaran terakhir terkadang di luar jangkauan akal sehat manusia, yakni bisa mencapai Rp500 miliar per unit.

Namun bagi kolektor angka tersebut bukan masalah. Selain untuk memuaskan hobi, mereka umumnya membeli mobil lawas sebagai investasi.

Ferrari masih mendominasi jajaran mobil termahal di dunia. Setiap kali ada lelang, produk merek ‘Kuda Jingkrak’ ini selalu menjadi sasaran para kolektor. Ferrari dikenal dengan image-nya sebagai sports car legendaris.

Berikut 10 mobil termahal di dunia terbaru untuk tahun 2017 yang dikutip dari Motor1:

10. Ferrari 250 GT California Spider Competizone Tahun 1959

(Gooding & Company)

Mobil ini terakhir berpindah tangan pada Agustus 2016 di ajang lelang Gooding & Company dengan penawaran terakhir USD18,15 juta atau sekira Rp238 miliar (kurs saat ini). Model 250 California memang dikenal harum di masanya karena sering muncul di ajang balap. Mobil yang dilelang ini merupakan versi jarak sumbu roda panjang.

9. Ferrari 250 GT SWB California Spider Tahun 1961

(Artcurial)

Mobil ini sempat terlantar di sebuah gudang di Prancis bersama puluhan kendaraan lainnya selama 50 tahun sebelum ditemukan pada 2015. Mobil terjual dengan harga fantastis yakni USD18,5 juta pada lelang di Artcurial, Paris. Kondisinya masih apa adanya, yakni menggunakan komponen yang orisinal. Inilah yang membuat harga jualnya tinggi.

8. Alfa Romeo 8C 2900 B Lungo Spider Tahun 1939

(RM Sotheby)

Mobil ini merupakan yang pertama masuk dalam jajaran tiga besar terendah 10 mobil termahal selain merek Ferrari. Meski demikian, Alfa Romeo 8C 2900 B Lungo Spider ini masih ada hubungan tidak langsung dengan sang pendiri Ferrari, Enzo, karena dibuat di tahun yang sama saat dia meninggalkan Alfa Romeo.

Alfa Romeo 8C 2900 B Lungo Spider merupakan salah satu mobil elegan dan berperforma tinggi yang dibuat sebelum Perang Dunia II. Mobil terjual dengan harga USD19,8 juta dalam lelang yang digelar RM Sotheby di Monterey, California, pada Agustus tahun lalu.

7. Jaguar D-Type Tahun 1955

(RM Sotheby)

Lagi, masuk dalam daftar 10 mobil termahal di dunia adalah merek selain Ferrari. Mobil ini terjual dengan harga USD21,78 juta dalam lelang yang digelar oleh RM Sotheby di Monterey, pada 20 Agustus 2016

Jaguar D-Type dikenal dominasinya di arena balap. Salah satu prestasi mobil bermesin 3,4 liter dengan tenaga 285 hp ini adalah memenangkan ajang balap ketahanan LeMans pada 1956. Lalu rekor kecepatan tertingginya adalah 156 mil per jam di sirkuit lurus Mulsanne.

6. Ferrari 275 GTB/C Speciale Tahun 1964

(RM Sotheby)

Ferrari 275 GTB/C Speciale termasuk mobil yang sangat spesial. Mobil yang dilelang tersebut merupakan satu dari hanya tiga unit yang pernah diproduksi. Meski dibuat sebagai mobil balap, namun juga bisa digunakan di jalan umum. Ferrari 275 GTB/C Speciale merupakan mobil pertama Ferrari untuk jalan umum yang menggunakan suspensi independen untuk roda belakang. Dalam ajang lelang yang digelar RM Sotheby pada 16 Agustus 2014, mobil ini terjual dengan harga USD26,4 juta atau sekira Rp346 miliar (kurs saat ini).

 

Sumber :Okezone.com

Mungkin Anda Menyukai

Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah
Seva Pusat Mobil MurahSeva Pusat Mobil Murah