Membenahi Literasi

Kompetensi membaca kita semakin memprihatinkan karena terus mengalami keterpurukan. Setidaknya begitulah menurut Programme for International Student Assessment (PISA) melalui Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang baru merilis data hasil untuk survei tahun 2018. Indonesia hanya memperoleh 371 poin. Padahal sebelumnya di tahun 2015 masih mencapai 397 poin. Sedihnya, pencapaian kali ini merupakan yang terburuk sepanjang keikutsertaan Indonesia sejak tahun 2000.

Barangkali ini jugalah yang melatarbelakangi alasan mengapa literasi menjadi isu sentral dalam pendidikan di Indonesia. Apalagi persaingan antar bangsa semakin terbuka dan kompetitif. Kemampuan literasi masyarakat yang berkualitas menjadi salah satu kunci penentu siap atau tidaknya kita dalam menghadapi tantangan global tersebut. Maka tak heran bila dalam kurikulum 2013 versi terbaru, sekolah-sekolah diwajibkan mengadakan kegiatan literasi selama beberapa menit sebelum pelajaran dimulai. Murid-murid diminta membaca buku-buku non-pelajaran setiap hari.

Berbagai Tantangan

Kebijakan programgerakan literasi untuk peserta didik perlu diapresiasi. Namun, jika budaya membaca dilakukan hanya sebatas pada saat sebelum pelajaran dimulai di sekolah, tentu hasil yang akan diperoleh tidak akan berpengaruh secara signifikan. Generasi muda perlu waktu yang lebih dari itu untuk bisa mulai mengakrabkan diri dengan rutinitas membaca yang berkualitas.

Selain indeks membaca kita yang masih sangat rendah, ada persoalan-persoalan lain yang menjadi penghambat budaya literasi. Pertama, adanyamasalahaksesibilitas dan ketersediaan buku. Distribusi buku di kota dan di pedesaan begitu timpang. Kedua,buku-buku berkualitasharganya cenderung mahal sehingga sulit dijangkau sebagian besar masyarakat kita. Ketiga, terdapat ketidaksesuaian jenis literatur yang tersedia dengan kebutuhan pembaca. Keempat, jumlah buku yang diproduksi di Indonesia tergolong sedikit.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seva Mobil BekasSeva Mobil Bekas
Memilih Mobil BekasMemilih Mobil Bekas
Tips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil BekasTips Bermanfaat Untuk Membeli Mobil Bekas