Pernikahan sesama jenis di Australia: Sumpah tengah malam menandai hari bersejarah

Australia . — IvoryNews.co.id
Pasangan pasangan seks yang sama di Australia telah mengikat simpul pada hari upacara resmi pertama setelah berlakunya undang-undang bersejarah.

Meski beberapa pasangan menikah bulan lalu setelah mendapat pengecualian khusus, sebagian besar tidak bisa menikah hingga Selasa.

Atlet Australia Luke Sullivan, 23, dan Craig Burns, 29, bertukar sumpah dan ciuman tepat setelah tengah malam dalam sebuah upacara kecil di New South Wales.

Pasangan berseri itu dirayakan dengan kembang api.

Sullivan mengatakan bahwa dia telah diliputi oleh pesan dukungan.

“Instagram pesan langsung saya telah diledakkan dengan orang-orang yang belum pernah saya temui – saya tidak tahu siapa mereka – hanya mengirim cinta dan selamat, ini benar-benar menyentuh,” katanya kepada Australian Broadcasting Corp.

Atlet menikahi pasangannya, seorang pelari cepat yang berkompetisi di Glasgow Commonwealth Games, di depan sekitar 50 keluarga dan teman.

“Kesamaan di mana kita bisa menikah merupakan langkah maju yang besar bagi Australia,” kata Sullivan.

“Kami terlalu tua untuk semua ribut-ribut ‘

Di Melbourne, Diana dan Deanne Ribeiro menikah sebentar setelah tengah malam, di tempat yang sama di mana mereka mengadakan upacara komitmen lima tahun lalu.

“Itu hanya ajaib,” kata Diana Ribeiro kepada Special Broadcasting Service.

Parlemen Australia membuat undang-undang pernikahan sesama jenis bulan lalu, menyusul sebuah survei nasional yang menunjukkan dukungan dari 61% pemilih.

Masa pendaftaran satu bulan dibebaskan untuk beberapa pasangan dengan keadaan khusus, yang berarti mereka bisa menikah sebelum hari Selasa.

Australia sekarang bergabung dengan lebih dari 20 negara lain dalam mengizinkan pernikahan jenis kelamin yang sama.

Satu bank lokal, ANZ, meramalkan bahwa serikat pekerja sejenis bisa menyuntikkan A $ 650m (£ 375m, $ 510m) ke ekonomi lokal pada tahun 2018….(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »