Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Kapolres Labuhanbatu Bangun Rest Area

Labuhan batu , — IvoryNews.co.id
Untuk menekan angka kecelakaan Lalulintas, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, ciptakan dan prakarsai beberapa titik Rest Area di wilayah hukumnya.
Adapun Rest Area yang diciptakan melalui kerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Utara itu, ditetapkan di Dusun Mangga-mangga Kecamatan Aek Natas, Labura.
Disamping itu, Pemkab Labura juga telah membangun Pos Pengamanan Terpadu di Jalinsum Dusun II Desa Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan, Labura.
”Rest Area berfungsi untuk tempat istrahat bagi pengemudi kendaraan pribadi serta Bus, ini adalah merupakan antisipasi dini terjadinya kecelakaan akibat kelelahan” ujar Kapolres didampingi Kasat Lantas AKP Sawangin dan Kanit Laka Iptu Sahrial Sirait SH. Selasa (12/9/17).
Masih Frido, Pos Pam Terpadu tersebut, nantinya akan direalisasikan dan dikoordinasikan dengan sejumlah pihak yakni, Polri/TNI, serta instansi lainnya, dengan konsep kerjasama sebagai penekanan angka kecelakaan.
Melalui Kolaborasi itu, Kapolres berharap, agar para pengemudi Bus ataupun kendaraan pribadi dapat beristirahat dengan nyaman, sebagai upaya mengatasi Human error.
”di Rest Area, segera disiapkan toilet, mushola dan tempat ber-istirahat, ini upaya kita agar para sopir yang lelah dapat berisitrahat sejenak, begitu juga dengan penumpang dapat memanfaatkan fasilitas yang ada nantinya” Kata Kapolres.
Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Perhubungan Labura, Mislan Pane, menjelaskan, bahwa Rest Area dalam kondisi dikerjakan. Begitu pula dengan Pos Pam Terpadu sedang dalam proses finishing.
“lokasinya sedang dikerjakan, diharapkan segera dapat beroperasi dan dimanfaatkan, kami berharap dukungan seluruh pihak yang terlibat nantinya dapat belerjasama” ungkap Mislan didampingi Kabid Lalulintas dan Angkutan Bolivard SE.
Setelah meninjau persiapan Rest Area dan Pos Pam Terpadu di Labura, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK melanjutkan peninjauan Rest Area di Wilayah Hukum Labusel.
Tak jauh beda, di Kabupaten itu juga akan disiapkan Rest Area yang berlokasi di Jalinsum Simpang Mulia, Desa Aek Batu Kecamatan Torgamba, Labusel Km 360-361.
Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Labusel, Batara Rival Harahap, S.Sos MSi,  didampingi Kabid Lalin Husnifan Amri SE, mengatakan siap mendukung persiapan Rest Area dimaksud.
“Kami sangat mendukung dan siap berkoordinasi dengan pihak kepolisian, terlebih ini merupakan upaya kita bersama dalam mengatasi dan menekan angka kecelakaan Lalulintas” sebut Batara.
Disisi lain, Kapolres menekankan bahwa pendirian Rest Area dan Pos Pam Terpadu ini, juga sebagai upaya meminimalisir Kriminalitas serta aksi premanisme. Hal itu dinilai, pendirian Rest Area tersebut berada di titik-titik rawan aksi kejahatan jalanan.”Saya himbau, jangan ada aksi pemalakan, sebab, biasanya terminal berbau premanisme, serta saya minta dalam minggu ini sudah bisa direalisasikan, dan bila perlu disiapkan tenaga medisnya, akan kita minta nanti ke pemkab” ujar Kapolres.
Tampak turut, Kapolsek Kualuh Selatan AKP Ronson Sihombing, Kapolsek Kota Pinang, Kompol SM Sitanggang, Kapolsek Torgamba AKP S. Siregar, Kanit Laka Iptu Shahtial Sirait, Kepala Jasa Raharja Rantauprapat M Sahat Sitompul dan Kanit Lantas Torgamba, Ipda Samsul Bahri Dalimunthe SH. (Jol/red)

Mungkin Anda Menyukai

Translate »