Canggih! Mobil Tanpa Sopir Akan ‘Gentayangan’ di Olimpiade Tokyo

TOKYO -IvoryNews.co.id
Kompetisi olahraga terbesar sejagad, Olimpiade Tokyo 2020 akan dimanfaatkan betul oleh Toyota Motor untuk menunjukkan teknologi mobil otonom. Toyota akan mendemonstrasikan teknologi terdepan dari mobil yang dapat berjalan sendiri itu selama olimpiade.
Pejabat Toyota yang bertanggung jawab pada teknologi otonom, Ken Koibuchi, mengatakan ada beberapa lokasi yang akan menjadi fokus perhatiannya di Olimpiade Tokyo yakni Odaiba. Banyak titik di lokasi tersebut yang digunakan sebagai venue cabang olahraga.
Selain itu jalannya lebar, banyak terdapat jalan lurus, serta arus lalu lintasnya tidak begitu padat.
“Kami ingin menunjukkan teknologi kendaraan dengan spesifikasi paling tinggi di olimpiade,” kata dia, seperti dikutip dari Automotive News.
Lebih lanjut Koibuchi mengungkapkan, Toyota tidak menggunakan istilah ‘otonom’ pada produk kendaraan pintarnya itu, tapi menyebutnya dengan ‘otomatis’. Alasannya, penggunaan istilah ‘otonom’ memberikan efek yang tidak baik bagi para penggunanya.
Menurut dia, pengemudi dan kendaraan merupakan rekan dalam proses berkejanya mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa dikendalikan manusia itu. Keduanya tidak dapat dipisahkan meski sebenarnya pengemudi cukup duduk manis saja.
Namun, Koibuchi menegaskan bahwa masih ada beberapa pengembangan teknologi yang harus dilakukan sebelum melepas mobil canggih ini di jalan raya, seperti sensor lidar. Namun ia yakin dalam waktu dekat akan mendapatkan jawabannya.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemetaan high definition. Pemerintah Jepang sudah bekerja sama dengan produsen automotif untuk memetakan jalan-jalan di negara itu. Namun sampai saat ini baru sebagian kecil jalan di Jepang yang sudah didigitalisasi. Ia yakin pada akhir dekade ini akan terjadi peningkatan signifikan jalan-jalan yang sudah dipetakan.
“Membuat peta digital yang sama antara satu kota dengan lainnya merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Ada perbedaan permukaan jalan sehingga ini menjadi tugas yang berat,” pungkasnya.
Sumber :Okezone.com

Mungkin Anda Menyukai

Translate »